Kista coklat bisa hamil

Apakah Kista Coklat Bisa Hamil

Kista coklat merupakan nama lain dari kista endometriosis. Endometriosis merupakan jaringan lapisan rahim yang tumbuh di luar rahim. Pada kondisi normal, endometrium berada dalam rahim. Jaringan ini juga mengalami penebalan. Darah haid yang biasa keluar pada kasus ini tidak bisa keluar, dan mengendap. Endapan beserta jaringan di sekitarnya mengalami iritasi. Disinilah terjadi proses pembentukan kista coklat. Disebut kista coklat karena berisi tumpukan darah yang berwarna merah kecoklatan. Dan kista ini bisa sewaktu-waktu pecah, konon kista ini juga mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Apakah penderita kista coklat bisa hamil? Berikut kami beri ulasannya.

Obat Miom Tanpa Operasi !

Kista coklat ini memang berpengaruh pada fertilisasi atau kesuburan. Hal ini karena kista coklat dapat merusak tuba falopi, tuba falopi merupakan tempat bertemunya sperma dan sel telur. Jika kista tumbuh di daerah ini maka tidak akan terjadi pembuahan. Namun pada wanita penderita kista coklat ringan dan sedang 70% dari mereka dianjurkan untuk tidak menunda kehamilan.

Selain menghalangi terjadinya pembuahan, kista coklat juga berpengaruh pada hormon. Hal ini terjadi karena kista coklat bisa mengubah hormone kimia, sehingga dapat terjadi perubahan hormone. Hal ini juga berpengaruh pada menstruasi dan kehamilan.

Meski begitu kesempatanya hamil lebih sedikit dibanding yang tidak mengidap kista, dasarnya pengobatan dan usaha harus dilakukan. Tidak menutup kemungkinan jika kehamilan terjadi.

https://lingshenyao.id/bahaya-penyakit-endometriosis/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here