Amankah Air Dingin Untuk Mandi Bayi

Memandikan bayi adalah kegitan rutin yang dilakukan setiap pagi bukan. Kebanyakan dari kita pasti menggunakan air hangat untuk memandikan bayi. Namun, amankah air dingin untuk mandi bayi?

Sebaiknya mandikan bayi menggunakan air hangat hingga usiannya 2 tahun, jika tidak mereka bisa terkena hipotermia. Hipotermia merupahan hilangnya kemampuan tubuh untuk menghasilkan panas, sehingga suhu tubuh menurun. Suhu tubuh normal bayi yaitu 36,5 -37,5 derajat Celsius, namun pada kasus hipotermia suhunya menjadi 36. Hal ini bisa disebabkan karena adanya kontak langsung dengan elemen yang dingin, misalnya air, udara, atau benda disekitarnya yang dingin. Hipotermia ini ditandai hal berikut :

  • Bayi terlihat menggigil. Namun pada bayi dibawah 1 bulan biasanya sedikit sulit dideteksi.
  • Timbul bercak putih dikulit bayi.
  • Bayi menjadi pasif, tidak bergerak. Bahkan tidak menangis.
  • Pada bibir, ujung jari kuku tangan dan kaki membiru.

Jika terjadi gejala-gejala diatas sebaiknya segera bawa ke rumah sakit dengan menjaga bayi agar tetap hangat. Tapi anda juga bisa lakukan penanganan pertama jika bayi anda mengalaminya. Berikut penanganan hipotermia pada bayi :

  • Baringkan bayi dan gunakan baju yang tebal dan juga menutup kepala. Tambahkan juga selimut tebal untuk tubuhnya.
  • Gunakan lampu 60 watt dengan jarak 1,5 meter untuk membantu mengahangatkan tubuh bayi dari luar.
  • Peluk bayi anda.
  • Berikan juga bayi ASI.

Mengatasi Miom Tanpa Operasi !

Cara diatas merupakan penanganan pertama untuk bayi yang terserang hipotermia. Namun jika suhu bayi tidak naik atau semakin turun segeralah bawa kerumah sakit. Bisanya pada kasus hipotermia, bayi memerlukan penanganan dengan masuk incubator. Apalagi dimusim hujan ini, anda perlu perhatikan kondisi tubuh bayi anda agar tidak kehilangan suhu hangat badannya. jadi jika ada petanyaan amankah air dingin untuk mandi bayi, sebetulnya aman tapi untuk anak di atas 2 tahun.

https://lingshenyao.id/harga-ladyfem/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here