manfaat jeruk bali untuk ibu hamil

Kehamilan merupakan moment Bahagia bagi sebuah pasangan. Ketika dalam masa kehamilan, asupan yang dikonsumsi ibu hamil pun perlu memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik. Memperbanyak buah dan sayur sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika hamil, salah satunya yaitu jeruk bali. Manfaat jeruk bali untuk ibu hamil sudah tidak diragukan lagi. Berikut beberapa manfaatnya bagi wanita hamil :

Mengurangi Rasa Mual

manfaat jeruk bali untuk ibu hamil

Manfaat jeruk bali untuk ibu hamil yang pertama adalah mengurasi rasa mual. Morning sickness atau mual yang muncul pada wanita hamil diawal kehamilan pastinya cukup menganggu kegiatan dipagi hari. Rasa manis dengan sedikit asam pada jeruk bali dapat meringankan gejala mual ini. Anda tak perlu khawatir konsumbi buah ini sebe;um sarapan, karena aman untuk lambung loh !

Menstabilkan Tekanan Darah

Mempunyai tekanan darah normal yang stabil sanagat diperlukan wanita hamil, terutama jelang persalinan. Tekanan darah tingga dapat mengakibatkan pendarahan hingga kematian ibu. Bagi wanita hamil yang yang mempunyai tekanan darah tinggi dapat menjadikan jeruk bali sebagai camilan. Kandungan kalium dan lycopene-nya dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Mencegah Insomnia Dan Anemia

Memasuki usia kejhamilan 7 bulan hingga menjelang persalinan biasanya ibu hamil akan mengalami susah tidur. Kurang tidur pada wanita hamil dapat menyebabkan anemia dan kelelahan. Anemia juga menyebabkan suplai nutrisi pada janin terganggu,sehingga pertumbuhan janin kurang maksimal.
Jeruk bali memiliki kandungan zat besi dan vitamin B yang dapat mengatasi anemia.
Menkonsumsi jeruk bali sebelum tidur dapat memberikan efek relaksasi, sehingga Anda lebih mudah untuk tertidur. Selain itu, jeruk bali juga dapat membantu menurunkan efek stress.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

manfaat jeruk bali untuk ibu hamil

Gangguan pencernaan juga sering kali dikeluhkan wanita hamil. Pasalnya selama kehamilan biasanya mereka mengalami sembelit, sehingga timbuh rasa tidak nyaman. Keadaan ini sebetulnya terbilang normal, karena adanya perbesaran rahim sehingga menekan organ pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam jeruk bali dapat membantu melancarkan pencernaan.

Mencegah Preeklampsia

Manfaat jeruk bali untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mencegah preeklampsia. Preeklampsia atau keracunan saat kehamilan, sangat berbahaya. Selain membahayakan ibu, preeklampsia juga dapat berdapak pada bayi lahir dengan cacat bawaan. Kandungan antioksidan dalam jeruk bali dapat melawan infeksi pada ibu dan janin. Sehingga dapat membantu menurunkan risiko terserang preeklampsia.

Mencegah Pembengkakan Kaki

Retensi atau pembengkakan ketika masa kehamilan dikarekan adanya penumpukan cairan pada bagian tubuh tertentu. Pada ibu hamil sering terjadi pada bagian kaki. Meski hal ini merupakan hal wajar, namun tidak sedikit yang merasa tidak nyaman dengan pembengkakakn kaki ini. Buah jeruk bali mengandung vitamin C yang dapat mengurangi pembengkakan air pada kaki. Cukup konsumsi jeruk bali pada pagi dan sore hari untuk mengurangi kaki bengkak selama kehamilan.

Bisakah Wanita Penderita Endometriosis Hamil ?

Sumber Kalsium

Manfaat jeruk bali untuk ibu hamil yang terakhir yaitu sebagai sumber kalsium. Ibu hamil bisanya diresepkan tablet kalsium oleh dokter atau bidan. Bukan tanpa sebab, kalsium ini sangat dibutuhkan pada kehamilan untuk pemnentukan tulang dan gigi janin. Ketika proses pembentukan tulang janin terjadi, namun kalsium tidak mencukupi, maka janin akan mengambil kasium dari ibu. Alhasil biasanya ibu akan mengalami sakit gigi hingga tulang keropos.
Oleh sebeb itu asupan kalsium pada janin perlu dicukupi untuk pembentukan tulang secara maksimal. Konsumsi jeruk bali secara teratur dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian ibu hamil

Selain mempunyai rasa yang segar ternyata jeruk bali juga mempunyai manfaat yang baik untuk ibu dan janin.

Ini Dia Efek Miom Pada Wanita Hamil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here