Kanker darah merupakan kondisi dimana sel darah menjadi abnormal atau malah menyerang tubuh. Sebagian besar kanker darah bermula pada sumsum tulang, yaitu tempat diproduksinya sel darah. Kanker darah merupakan salah satu kanker yang membahayakan. Maka dari itu penting bagi kita melakukan upaya pencegahan untuk menurunkan risiko kanker darah ini. Ada beberapa tips mencegah kanker darah yang bisa kita lakukan dan dijadikan kebiasaan sehari-hari.

Ada 3 jrnis kanker darah, limfoma, leukemia dan multiple myeloma. Sedikit sulit dideteksi, kanker darah tidak seperti kasus kanker pada umumnya yang menimbulkan benjolan. Gejala kankerdarah cenderung mirip dengan gejala penyakit lain. Sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan jika seseorang terkena kanker darah atau tidak.

Penyebab pasti kanker darah masih belum dapat diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang disinyalir menjadi pemicu kanker darah. Berikut beberapa pemicu terjadinya kanker darah :

Asap rokok

tips mencegah kanker darah

Asap rokok merupakan salah satu memicu kanker darah pada seseorang. Pada seseorang yang hidup didalam linggukan yang orang-orang yang merokok lebih beresiko terkena kanker. Pasalnya perokok pasif justru lebih bahaya dari pada perokok aktif. Selain kanker darah, paparan asap rokok juga dapat memicu terjadinya kanker paru-paru. Jadi pastikan hingari paparan asap rokok dan jika anda seorang perokok segera hentikan kebiasaan tersebut.

Lingkungan Yang Kurang Bersih

Keadaan atau barang-barang disekitar juga dapat menajadi faktor pemicu seseorang terkena kanker darah. Misalnya pada cat dinding, cairan pembersih, gelas plastik hingga pestisida dalam buah atau sayur. Kandungan benzena pada barang-barang yang terpapar dapat meningkatkan potensi seseorang terserang penyakit ini. Bahan kimia perchlorethylene pun dapat menjadi salah faktor pemicu yang terdapat si pembersih kayu atau semir sepatu.

Infeksi Virus

Beberapa jenis virus dapat mengganggu kerja sistem metabolisme, sehingga mempermudah timbulnya kanker darah. Infeksi ini dapat ditukarkan oleh orang lain ataupun melalui hewan.

Kelainan Genetik

Tak hanya faktor dari luar saja yang dapat menyebabkan penyakit mematikan ini, tapi ada juga faktor dalam misalnya faktor genetik. Faktor keturunan merupakan faktor terbesar kanker darah pada seseorang.

Setelah mengetahui beberapa faktor pemicunya, Anda dapat menjadikan faktor-faktor tersebut sebagai tips mencegah kanker darah.

Kegiatan Yang Menyebabkan Kanker

Pada seseorang yang sudah divonis menderita kanker ini, maka akan disarankan melakukan serangkaian pengobatan. Pengobatan ini juga disesuaikan dengan kondisi pasien. Berikut beberapa pengobatan yang dilakukan pada pasien kanker darah :

  • Kemoterapi, merupakan pemberian obat untuk membunuh sel kanker. Obat yang diberikan bisa dengan cara minum atau suntikan.
  • Radioterapi, merukapan metode yang dilakukan dengan menggunakan sinar radiasi khusus yang berfungsi menghancurkan sel kanker. sehingga membantu menghambat perkembangan kanker.
  • Transplantasi sumsum tulang, prosedur ini dilakukan untuk menggantikan sumsum tulang yang rusak dengan yang lebih sehat.

tips mencegah kanker darah

Efek yang ditimbulkan dari pengobatan ini juga sering dikeluhkan penderitanya. Mulai dari diare yang sering terjadi setelaah kemoterapi hingga terjadi kerontokan rambut yang ekstrim. Maka dari itu melakukan pencegahan sangat penting untuk terhindar dari penyakit yang satu ini. Berikut tips mencegah kanker darah :

  • Hentikan kebiasaan merokok dan jauhi paparan asap rokok.
  • Banyak menkonsumsi makanan sehat bergizi.
  • Menjaga berat badan yang ideal.
  • Melakukan olahraga secara rutin. Minimal 2 kali dalam seminggu.
  • Menggunakan alat pelindung jika bekerja pada lingkungan yang memungkinkan terpapar radiasi atau senyawa kimia. Seperti formalin,  benzene dan pestisida.

Kenali Gejala Awal Kanker Payudara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here