5 komponen kebugaran jasmani

5 Komponen Kebugaran Jasmani

Berolahraga merukapan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga keburagan jasmani. Beberapa komponen kebugaran jasmani harus kita lakukan agar tubuh bekerja secara maksimal. Berikut 5 komponen kebugaran jasmani yang wajib anda ketahui:

Daya Tahan Kardiorespiratori

5 komponen kebugaran jasmani

5 komponen kebugaran jasmani yang pertama adalah daya tahan kardiorespiratori. Ini berupakan daya tahan tubuh anda dalam respirasi dan sirkulasi tenaga tehadap aktivitas berat yang memebutuhkan waktu yang lama. Untuk meningkatkan daya tahan kardiorespiratori ini bisa dengan berenanang atau bersepeda. Lakukanlah dengam pelan-pelan lalu naikan aktivitas secara perlahan.

Kekuatan Otot

5 komponen kebugaran jasmani

Kekuatan Otot ini untuk kemampuan anda dalam mengeluarkan tenaga dalam aktivitas yang mengandalkan otot. Hampir semua kegiatan yang kita lakukan pasti menggunakan otot. Entah itu beban dari suatu barang atay beban dari tubuh kita sendiri.Untuk meningkatkan salah satu dari 5 komponen kebugaran jasmani ini yaitu dengan latihan angkat beban. Atau cara sederhananya anda bisa berlari saat menaiki tangga.

Daya Tahan Otot

5 komponen kebugaran jasmani

Beda dengan Kekuatan otot, daya tahan ini lebih kepada bagaimana kemampuan otot anda dalam aktivitas menggunakan otot tanpa merasa lelah. Daya tahan ini bermanfaat untuk anda yang mempunyai aktivitas berat dalam waktu yang lama. Untuk meningkatkannya anda bisa melakukan jogging, bersepedah atau jalan cepat.

Komposisi Tubuh

5 komponen kebugaran jasmani

Komposisi tubuh anda terdiri dari otot, tulang, lemak dan bagian vital lainnya. Komposisi tubuh ini harus seimbang dengan fungsinya. Komposisi tubuh ini bisa anda pelihara dengan menjaga berat badan. Perhatikan juga keseimbahan makanan dan asupan nutrisi anda.

Fleksibilitas

5 komponen kebugaran jasmani

5 komponen kebugaran jasmani yang terakhir adalah fleksibilitas. Fleksibilitas merupakan daya jangkau gerakan seseorang disekitar sendinya. Daya fleksibilitas seseorang bemanfaat untuk mencegah terjadinya cedera dalam berbagai aktivitas sehari-hari maupun olahraga. Orang yang gemar melakukan senam lantai biasanya mempunyai kemampuan fleksibilitas lebih baik. Untuk meningkatkan fleksibilitas, anda dapat melakukan stretching sederhana untuk meregangkan otot dan sendi anda. Atau jika anda cukup lentur bisa lakukan split, kayang dan gerakan senam lainnya secara perlahan.

Melakukan fleksibisitas harus dilakukan bertahap dan secara perlahan. Jagan paksakan tubuh anda untuk mencapai posisi tertentu karna dapat menyebabkan cedera pada otot atau sendi.

https://lingshenyao.id/kanker-bisa-sembuh-total/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here