tips menahan bab

Terkadang keinginan untuk BAB dapat muncul di waktu yang kurang tepat. Seperti ketika dalam perjalanan atau ketika seseorang berada di tempat yang tidak tersedia toilet atau tempat pembuangan. Hal ini lah yang terkadang membuat seseorang menjadi galau dan mau tidak mau mencari cara untuk menahan BAB.

Berikut adalah beberapa cara menahan buang air besar yang bisa Anda terapkan!

  1. Hindari Meminum Air

tips menahan BAB yang pertama adalah tentu saja dengan menghindari berbagai macam minuman. Air adalah salah satu faktor yang penting dalam kelancaran proses pencernaan. Jika dalam kondisi terdesak, sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi air karena dapat memperlancar sistem pencernaan sehingga keinginan BAB pun semakin tinggi. Sebaiknya konsumsi air putih sedikit demi sedikit saja untuk menghindari dehidrasi.

Ling Shen Yao iklan
Ling Shen Yao iklan

2. Menghindari makanan

Anda juga disarankan untuk menghindari makan. Semakin perut penuh dan merasa kenyang, tentunya perut akan semakin bereaksi untuk mengurangi isinya. Maka dari itu, ketika menahan buang air besar, sebaiknya kesampingkan lebih dulu keinginan untuk makan dan minum.

Baca Juga : Makanan pemicu kista ovarium

Sebagai antisipasi, sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya menghindari makanan atau minuman pemicu buang air besar. Makanan dan minuman tersebut adalah seperti makanan pedas, yogurt, susu, kopi, atau makanan lain yang membuat pencernaan Anda lebih sensitif. Hindari makanan dan minuman tersebut paling tidak 3 jam sebelum perjalanan dan selama dalam perjalanan.

3. Mencari posisi tubuh yang tepat

Berbeda posisi tubuh, tentunya berbeda juga reaksi yang terjadi usus. Ketika dalam posisi duduk, maka tekanan pada perut akan meningkat dan keinginan untuk BAB juga akan semakin besar. Posisi duduk atau jongkok merupakan posisi umum untuk BAB, sehingga keduanya harus dihindari ketika menahan BAB.

Cara menahan buang air besar yang paling tepat adalah dengan memposisikan tubuh berbaring atau berdiri. Tujuannya adalah agar tekanan pada perut berkurang. Selain melakukan posisi berbaring atau berdiri, coba juga untuk menahan napas selama beberapa detik untuk mengurangi hasrat buang air besar

Nah, jadi jika anda sudah tidak kuat menahan BAB diperjalanan atau sedang bekerja, sekarang bsa mencoba 3 tips menahan bab yang sudah dijelaskan diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here